Jenis keju terpopuler di dunia

Siapa yang tidak mengenal keju? Makanan ini sangat digemari masyarakat karena rasanya yang gurih serta manfaatnya yang besar bagi kesehatan terutama untuk tulang. Namun siapa sangka jika keju memiliki banyak jenis di dunia.

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui salah satu jenis keju saja. Padahal ada banyak jenis keju dan tiap makanan bisa menggunakan keju yang berbeda-beda. Untuk mengetahui berbagai jenis keju di dunia, yuk simak tujuh keju terpopuler di dunia.

1. Keju gouda
Keju gouda adalah keju berwarna kuning-oranye yang secara keseluruhan terbuat dari susu sapi. Gouda juga memiliki parafin merah atau kuning seperti lapisan lilin di sekitarnya. Keju gouda mempunyai rasa kacang yang unik. Keju yang berasal dari kota Gouda, Belanda ini mempunyai bentuk bulat, tekstur yang semi-lembut namun tinggi lemak. Keju Gouda dipasarkan di seluruh dunia.

2. Keju cottage
Juga dikenal sebagai paneer di India. Sejarah keju cottage berasal dari Amerika. Tapi saat ini sudah tersedia di hampir setiap negara. Keju ini dapat dimakan langsung, dicampur dengan buah-buahan atau dimakan dengan roti. Keju tersebut merupakan unsur yang tidak terpisahkan untuk lasagna, salad dan berbagai makanan penutup.

3. Keju Swiss
Sama seperti namanya, keju Swiss yang berasal dari Swiss. Keju Swiss adalah yang paling menarik dan lezat. Dengan lubang di tiap permukaan, keju Swiss mempunyai penampilan yang sangat khas.

Lubang-lubang tersebut dikenal sebagai mata keju. Jadi keju Swiss tanpa lubang disebut 'buta'. Rupanya semakin besar lubang, semakin baik adalah rasa. Baby Swiss dan Lacy Swiss adalah dua jenis keju Swiss yang populer di Amerika.

4. Keju feta
Keju feta, juga dikenal sebagai keju asin, merupakan salah satu keju tertua yang pernah. Feta dibuat secara tradisional di negara Yunani. Keju tersebut terbuat dari susu domba, kerbau dan susu sapi bersama-sama atau secara terpisah.

Warnanya putih bersih dengan tekstur yang keras dan menggumpal. Rasanya gurih agak keras. Keju feta biasanya disajikan dalam bentuk potongan. Hal ini digunakan sebagian besar adalah salad, kue-kue dan resep dessert lainnya.

5. Keju biru
Nama lain untuk Blue cheese adalah keju Bleu. Hal ini dapat dibuat dari sapi, domba atau susu kambing. Keju biru biasanya dibungkus dengan kertas timah untuk menjaga kelembapannya. Warnanya bervariasi dari putih hingga kuning dengan urat-urat yang berwarna hijau atau biru kehijauan. Rasa keju biru sangat kuat apalagi jika proses pematangannya makin lama.

6. Keju mozzarella
Keju mozzarella, juga disebut keju Italia. Pada dasarnya telah ditemukan di Italia. Keju ini berwarna putih dan memiliki tekstur yang lembu. Keju Mozzarella umumnya digunakan untuk topping pizza dan juga pasta dan lasagna, sebab akan meleleh ketika dipanggang. Umumnya keju jenis ini tersaji dengan diparut atau diiris.

7. Keju cheddar
Dari semua jenis keju, cheddar adalah yang paling populer dan akrab di telinga masyarakat. Nama keju ini  berasal dari sebuah desa di Inggris, Cheddar di Somerset. Keju Cheddar mempunyai warna kuning dan agak keputihan.

Keju tersebut juga memiliki tekstur keras, ditandai dengan rasa yang tajam. Ada beberapa jenis keju Cheddar tergantung pada persiapan dan rasa yang ditambahkan. Beberapa dari mereka adalah Cheshire, Vintage dan Double Gloucester.

Di antara tujuh keju tadi, mana yang menjadi favorit Anda?

Related Posts:

0 Response to "Jenis keju terpopuler di dunia"

Post a Comment

Suarakan pendapatmu dan berdiskusi dengan para pembaca lainnya melalui kolom komentar.

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel dan yang terpenting komentar anda tidak boleh mengandung unsur Spamming (spam comment) dan Link Aktif. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...